Selasa, 20 Agustus 2019

Diseminasi Informasi Hasil Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Di Lingkungan Asrama Haji Tahun 2019

Donohudan, 20 Agustus 2019
Foto Bersama Peserta Diseminasi Informasi
Pada tanggal 20 Agustus 2019 dilaksanakan Diseminasi Informasi Hasil Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit di Lingkungan Asrama Haji tahun 2019. Bertempat di ruang pertemuan VIP Gedung Madinah Lantai 1 Asrama Donohudan, Boyolali, acara dihadiri 12 tamu undangan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Puskesmas Kecamatan Ngemplak, KKP Semarang, Penyedia Katering Al Hikmah selaku penyedia catering selama embarkasi/ debarkasi haji 1440 H tahun 2019 dan Pengelola asrama Donohudan.
Acara diawali sambutan dari Kepala Bidang BPKD Unit Pengelolaan Asrama Donohudan Bapak Bambang Sumanto, S.H., M.M yang menyampaikan bahwa mulai tahun 2019, srama Haji Donohudan dengan SOTK baru menjadi srama Haji Donohudan yang direncanakan digunakan untuk banyak kegiatan tidak hanya pelayanan haji saja dengan target PAD 5,3 M per tahun. Diharapkan dari kegiatan yang dilakukan dapat menjadi masukan karena tahun 2020 akan disusun DED pembangunan gedung dan dibangun tahun 2021. Ucapan terimakasih atas pemberian alat Teknologi Tepat Guna (TTG) yang berupa alat sterilisasi alat makan dan ruang. Untuk Alat makan diletakkan di ruang makan gedung Makkah Lantai 2, sedangkan alat strerilisasi udara ruang di operasikan di ruang inap calon jaamah haji gedung Makkah Lantai 2 Asrama Haji Donohudan, semoga ke depan bisa terjalin kerjasama yang lebih baik lagi dalam upaya mengantisipasi faktor risiko penyakit bagi calon jamaah haji.


Peserta Diseminasi Informasi
Selanjutnya Kepala Seksi KKO Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Boyolali melaksanakan IKL asrama dan jasa boga serta sosialisasi bagi 60 orang penjamah makanan di luar asrama.

Kepala Seksi Lingkungan Fisik dan Kimia, Bapak Tri Setyo Winaryanto, S.T., M.Sc, mewakili Kepala BBTKLPP Yogyakarta menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara  dan dilanjutkan dengan pemaparan hasil kegiatan disampaikan oleh ketua tim Bapak Suharsa, S.ST, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. 
Disepakati bahwa kegiatan yang dilakukan BBTKLPP Yogyakarta ini bukanlah penelitian melainkan surveilans atau pemantauan yang hasilnya menjadi masukan dan ditindaklanjuti dengan perbaikan. Apabila dalam pelaksanaan tahun ini ada yang terlewatkan akan dilakukan perbaikan di tahun yang akan datang untuk kelengkapan dan perbaikan data. Untuk perbaikan pelayanan Asrama Donohudan perlu dilakukan optimalisasi IPAL, saat ini IPAL sudah cukup efektif menurunkan kadar pencemar pada limbah cair yang dihasilkan, namun belum sampai memenuhi Nilai Ambang Batas yang dipersyaratkan.Pada pertemuan ini kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr Irene, M.K.M memberikan kesimpulan dan rekomendasi dari hasil kegiatan, sekaligus menutup pertemuan dengan menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik. Hasil kegiatan yang ada hendaknya menjadi masukan perbaikan di masa yang akan datang demi meningkatkan pelayanan bagi calon jamaah haji di Donohudan.

(Tim PPID BBTKL PP Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar