Sabtu, 10 Mei 2014

PELANTIKAN PENGURUS YAYASAN KANKER INDONESIA PROVINSI SUMATERA BARAT 2014-2018

Padang, 9 Mei 2014

Pengurus YKI Sumatera Barat Periode 2014-2018
Bersama Ketua Umum YKI
Prof. DR. dr. Nila Moeloek, SpM(k)
Yayasan Kanker Indonesia (YKI) adalah organisasi nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker.

Tujuan YKI adalah mengupayakan penanggulangan kanker dengan menyelenggarakan kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif.

Menyadari bahwa penanggulangan kanker hanya mungkin berhasil bila dilakukan oleh semua pihak, maka YKI melaksanakan kegiatannya dengan bekerjasama dengan semua pihak, baik pemerintah, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat, swasta dan dunia usaha baik di dalam maupun luar negeri. YKI memiliki cabang di seluruh Indonesia.


Ketua Umum YKI Sumatera Barat
Tahun 2014-2018
Ny. Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno
YKI menjalankan berbagai program penanggulangan kanker dengan memprioritaskan pelaksanaan program pada 10 kanker utama berikut:
  1. Kanker Leher Rahim
  2. Kanker Payudara
  3. Kanker Hati
  4. Kanker Paru
  5. Kanker Kulit
  6. Kanker Nasofaring
  7. Kanker Kolorektal
  8. Leukemia
  9. Trofoblas Ganas
  10. Limfoma Malignum.
VISI YKI adalah Masyarakat PEDULI Kanker 
  • Memberikan (PE)rhatian bahwa kanker bukan hanya masalah individu atau keluarga mereka yang terkena kanker. 
  • Memberikan (DU)kungan baik moral maupun material sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita. 
  • Memberikan (LI)ndungan agar mereka yang terkena kanker merasa terayomi sehingga timbul semangat diri untuk mencari solusi terbaik dalam upaya pengobatan maupun peningkatan kualitas hidup pasien kanker. 
MISI: Meningkatkan kepedulian masyarakat dalam penanggulangan kanker melalui penyediaan layanan promotif, preventif, dan suportif. 

YKI mengupayakan penanggulangan kanker dengan mengadakan berbagai kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif serta menekankan akan pentingnya deteksi kanker secara dini, dengan Motto YKI adalah: “Kanker dapat disembuhkan jika ditemukan dalam stadium dini” 

Ketua Umum YKI Prof. DR. Dr. Nila Moeloek, SpM(K),
Ketua Umum YKI Provinsi Sumbar Hj. Nevi
Zuairina Irwan Prayitno dan Ketua YKI Cabang Padang
Dr. Efrida Aziz, MSc. dalam ramah tamah sebelum pelantikan
Sebagai Ketua Umum adalah Ny. Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno dan Wakil Ketua Umum adalah Dr. Hj. Ermawati, SpOG(k) dan Sekretaris Umum adalah Dr. H. Aladin, SpOG, dengan 5 bidang yaitu
  1. Bidang Organisasi 
  2. Bidang Pelayanan Sosial 
  3. Bidang Pendidikan dan Penyuluhan 
  4. Bidang Penelitian dan Registrasi 
  5. Bidang Umum 
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat sebagai Leading Sector peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat juga sangat mendukung kegiatan YKI ini. Pengembangan IVA sudah dilakukan di beberapa kabupaten/kota, dimana di Kota Solok bahkan sudah membuat Perda IVA, dan kegiatan ini sudah dikembangkan di seluruh kabupaten/kota. 

Penulis bersama Ketua Umum YKI
Tahun lalu sudah dilakukan pelatihan PTM pada 20 puskesmas dan tahun ini kami akan melakukan pelatihan PTM pada 500 tenaga kesehatan dan kader yang tersebar di 50 puskesmas di semua kabupaten/kota dan saat ini juga sudah terbentuk 437 posbindu di seluruh Provinsi Sumatera Barat. Selain itu kami juga akan memfasilitasi pembentukan jejaring PTM di Kabupaten/Kota dan dalam forum ini diharapkan juga dapat sekaligus memperkuat Yayasan Kanker sehingga terbentuk yayasan kanker di semua kabupaten/kota, demikian Kadinkes Sumbar Dr. Hj. Rosnini Savitri, M.Kes dalam kesempatan terpisah.

Setelah pelantikan dilanjutkan mengunjungi Pelatihan Deteksi Dini
Faktor Risiko (IVA) yang diikuti oleh tenaga kesehatan puskesmas di seluruh Sumatera Barat di Balairung POGI Cabang Padang, dimana disaat itu peserta sedang antusias melakukan Praktek IVA pada ratusan ibu-ibu yang berasal dari kota Padang dan sekitarnya.

Braro YKI Sumatera Barat

(Posted By DR. dr. Irene, MKM)

3 komentar:

  1. tanya alamt YKI cabang Sumbar dimana ya dok?

    BalasHapus
  2. buk iren, saya mau melakukan penelitian tentang kanker payudara buk. saya butuh informasi dari yki sumbar. saya sudah liat kantor yki yang d gor, beberapa hari saya kesana ga pernah buka buk. sama siapa saya bisa kmunikasi ya buk ??

    BalasHapus
  3. Bu ada ga peluang kerja di sana saya tamatan kesehatan?

    BalasHapus