Minggu, 21 April 2013

TTX Mentawai Megathrust Direx 2013 – 2014

Padang, 20 April 2013


Table Top eXercise (TTX = Gladi ruang) merupakan salah satu metode latihan untuk peningkatan kapasitas penanggulangan bencana (PB). TTX dilakukan dengan skenario tertentu dan diarahkan dengan ketat oleh fasilitator dengan batasan waktu sesuai dengan skenario tersebut. Para peserta yang terlibat dalam TTX berperan sesuai dengan institusi/lembaga masing-masing atau peran tertentu yang disepakati bersama. 

TTX ini akan digelar dari tanggal 22 sampai 26 April 2013 di Hotel Pangeran Beach Padang. Kedatangan Fasilitator sejak tanggal 20 April 2013, dilanjutkan dengan Briefing Fasilitator pada sore harinya. Pada tanggal 21 April, dilakukan Mini Exercise EXCON dan AAR Team, selanjutnya pada tanggal 22-26 April 2013 akan dilakukan Gladi Ruang kesiapsiagaan menghadapi Ancaman Megathrust Mentawai 2013 – 2014. 


Pada saat briefing TTX ini, narasumber memberikan penjelasan materi-materi terkait topik TTX, pengamat yang mengevaluasi dan memberikan masukan-masukan terkait pelaksanaan TTX tersebut. 

Final Planning Conference 14-15 Maret 2013
on TTX Mentawai Megathrust Direx 2013 – 2014
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pusat Diklat PB BNPB yang bekerjasama dengan BPBD Provinsi Sumatera Barat dengan mengambil konsep Ancaman Megathrust Mentawai 2013 – 2014. 

Tujuan pelaksanaan TTX ini adalah 
  • Di tingkat nasional, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan sistem peringatan dini dan sistem komando darurat yang juga melibatkan mekanisme untuk menerima bantuan internasional di Indonesia, baik bantuan sipil-militer. 
  • Pada tingkat regional, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan interoperabilitas berbagai prosedur di tingkat nasional, regional dan internasional, serta memberikan rekomendasi dan masukan strategis dalam manajemen bencana untuk kerjasama dan mitra dialognya ASEAN di kawasan 

Delegasi dari 18 negara pada acara CDC dan IPC
on TTX Mentawai Megathrust Direx 2013 – 2014
Target TTX 
  1. Peningkatan koordinasi yang efektif dalam memobilisasi sumber daya dari kementerian yang terkait, lembaga dan organisasi di bawah satu sistem komando darurat bencana alam dengan dampak besar. 
  2. Peningkatan mekanisme komando, kendali, komunikasi dan koordinasi, dalam konteks sipil-militer. 
  3. Peningkatan mekanisme bencana alam yang melibatkan aktor multi nasional, dari berbagai kelompok pemangku kepentingan (pemerintah, masyarakat, sektor swasta, dll). 
  4. Masukan untuk mekanisme Indonesia dalam menerima bantuan internasional, serta dokumen-dokumen regional lainnya yang relevan - dengan mengacu pada hasil latihan regional yang telah dilakukan. 
  5. Ketahanan wilayah terhadap bencana alam. 

Latihan tersebut juga dimaksudkan untuk menguji Prosedur-prosedur dalam penanggulangan bencana, seperti : 
  1. Sistem Peringatan Dini 
  2. Sistem Komando Tanggap Darurat, 
  3. Hubungan antar pemangku kepentingan yang terkait (masyarakat, pemerintah dan lembaga usaha) dalam penanggulangan kedaruratan bencana di semua tingkatan. 
  4. Penerimaan bantuan asing baik sipil maupun militer asing pada saat tanggap darurat 
  5. Penerimaan bantuan regional dan internasional 
Untuk Peserta Gladi ini berasal dari seluruh BPBD Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat, seluruh SKPD Provinsi Sumatera Barat dan juga ikut berperan serta dari lembaga-lembaga Internasional dan Asean serta wartawan. 

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat mengambil peran sebagai SKPD yang bertanggung jawab terhadap penanganan kesehatan saat bencana dan siap siaga dengan Posko Kesehatan yang akan melayani para peserta yang mengalami gangguan kesehatan. 

Datang bersama-sama adalah suatu permulaan. Menjaga kebersamaan adalah suatu kemajuan. Bekerja bersama adalah suatu kesuksesan. (Henry Ford) 

SharePeople are sent into our lives to teach us things that we need to learn about ourselves (Orang-orang dikirim ke dalam kehidupan kita untuk mengajarkan kita hal-hal yang kita perlu pelajari tentang diri kita sendiri) -Mandy Hale- 

Tidak ada beban yang berat kalau semua orang mau mengangkatnya -SY Wise- 

Bravo Dinas Kesehatan Sumbar, dan terimakasih Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Ir. Yazid Fadhli, MM dan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik/Koordinator Pusdalops PB Sumbar, Bapak Ir. Ade Edward atas koordinasi yang manis…. 

(Posted By: DR. dr. Irene, MKM) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar