Kamis, 28 Maret 2013

Deklarasi SBS 10 Kelurahan Kota Payakumbuh

Payakumbuh, 27 Maret 2013

Sambutan Gubernur Sumbar
Rabu (27/3), Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno seharian berada di kota Payakumbuh. Kedatangannya di kota Payakumbuh itu untuk melakukan serangkaian kunjungan kerja, diantaranya melakukan Deklarasi SBS Kota Payakumbuh tahun 2013 yang dipusatkan di kelurahan Koto Panjang Dalam kecamatan Lamposi Tigo Nagari.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Sri Sulihanti, walikota Payakumbuh Riza Falepi, ketua DPRD Kota Payakumbuh Wilman Singkuan, Muspida Plus Kota Payakumbuh, Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Dr. Hj. Rosnini Savitri, MKes dan pimpinan SKPD Provinsi Sumatera Barat serta pimpinan SKPD Kota Payakumbuh. 

Pada kesempatan yang baik ini Gubernur Sumatera Barat memberikan penghargaan kepada seluruh kelurahan yang telah SBS dengan memberikan penghargaan berupa piagam dan plakat kepada masing-masing lurah.

Penyerahan Sertifikat oleh Gubernur Sumbar
Progress kegiatan sanitasi berkembang cukup baik dengan target pencapaian desa stop buang air besar sembarangan (SBS) yang terus meningkat. Pada tahun 2013 ini dilaksanakan deklarasi SBS sebanyak 10 kelurahan SBS.

  1. Kelurahan Aur Kuning 
  2. Kelurahan Koto Tuo 
  3. Kelurahan Limo Kampuang 
  4. Kelurahan Sawah Padang 
  5. Kelurahan Ranah 
  6. Kelurahan Tambago 
  7. Kelurahan Cubadak Aia 
  8. Kelurahan Payonibung 
  9. Kelurahan Sei Pinago 
  10. Kelurahan Koto Tangah 
Akses sanitasi sebagai sasaran program yaitu meliputi pemanfaatan jamban, praktek perilaku cuci tangan pakai sabun, Hygiene perseorangan serta kebersihan lingkungan sekitar., demikian ungkap Dr. Hj. Mery Yulisday, MARS (Kadinkes Kota Payakumbuh)

Pokok-pokok pembangunan kesehatan di Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh berpedoman kepada 4 pilar pembangunan kesehatan yang saling kait berkaitan membentuk pilar penting mewujudkan masyarakat Kota Payakumbuh, dengan MISI: 
  1. Menggerakkan pembangunan daerah yang berwawasan kesehatan 
  2. Mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat 
  3. Memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau secara paripurna dengan berpedoman kepada etika dan profesionalisme 
  4. Memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga dan masyarakat termasuk lingkungannya 
Gubernur Sumbar mengamati Lado Kopay
Selain kegiatan Deklarasi SBS, kegiatan lain yang dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat pada kunjungan kerja tersebut adalah Kegiatan launching Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini merupakan program Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI yang telah dilaksanakan di 6250 desa/kelurahan di seluruh Indonesia. Pengembangan KRPL ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan di tingkat keluarga, memacu percepatan diversifikasi pangan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Sebelum ke Lokasi Deklarasi, Gubernur mengunjungi Tanaman Cabe Kopay dalam polybag yang dirintis Walikota Riza Falepi di halaman Rumah Gadang milik keluarga besarnya adalah bentuk KRPL untuk mewujudkan ketahanan pangan. Selain itu, penanaman Cabe dalam Polybag tersebut juga dapat menambah pendapatan keluarga. “Apa yang dilakukan Walikota Payakumbuh patut dicontoh kepala daerah lain di Sumatera Barat. Dan yang terpenting Pemko Payakumbuh harus gencar mensosialisasikan dan menggerakkan masyarakat untuk melakukan hal yang sama”, tegas Gubernur sembari melakukan penanaman Cabe Kopay. 
Gubernur menyempatkan menanam cabe Kopay

Gubernur Irwan Prayitno juga menandatangani prasasti Pemakaian Gedung Sub Terminal Agribisnis (STA) Koba Jaya Koto Baru Payobasuang dan STA Tanjuang dama Koto Panjang Dalam Latina. Kedua STA yang dibangun tahun 2012 itu merupakan program propinsi Sumatera Barat yang didanai dari APBD Propinsi. Setelah itu, Gubernur juga diminta secara simbolik menyerahkan Kunci Rumah Layak Huni Program kemensos.

Sebelum menuju lokasi Deklarasi, Gubernur Irwan Prayitno berjalan kaki menuju SD raudhatul Jannah untuk temu ramah dengan keluarga besar YPI Raudhatul Jannah. Gubernur memberikan dorongan bagi siswa dan guru RJ Payakumbuh untuk terus berprestasi dan meningkatkan mutu pendidikan kota Payakumbuh. Sehingga Payakumbuh dapat menjadi kota pendidikan terbaik di Sumatera Barat. 


(DR. dr. Irene, MKM)






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar